-->

Cara Monitoring Pemakaian Bandwidth di MikroTik dengan MRTG

Cara Monitoring Pemakaian Bandwidth di MikroTik dengan MRTG

Cara Monitoring Pemakaian Jaringan Bandwidth di MikroTik dengan MRTG Graphs. Sebagian pengguna Mikrotik ada yang tidak mengetahui cara monitoring pemakaian bandwidth jaringan. Padahal, ada banyak fitur yang tersedia di MikroTik selain manajemen bandwidth seperti melihat pemakaian bandwidth client per IP Address atau interface tertentu di MikroTik.

MRTG Graph, ini berfungsi untuk monitoring bandwidth jaringan MikroTik dalam bentuk grafik agar sobat bisa mengetahui pada saat kapan pemakaian bandwidth besar dan kecil dan tentunya ini juga berpengaruh dengan lambat atau tidaknya jaringan internet kita.

Setelah kita selesai instalasi dan setting Mikrotik, sudah bisa kita tinggalkan. Terkadang, kita perlu mengetahui info pemakaian bandwidth internet di MikroTik. Ini sangat berguna bagi mereka yang menggunakan ISP Telkom dengan paket internet FUP.

Cara Mengaktifkan dan Setting MRTG Graph Monitor Trafik Bandwidth di MikroTik


Ok, MIKROTIKGAME akan langsung bagikan tutorial cara aktifkan dan setting MRTG Graph Monitor Trafik Bandwidth di MikroTik agar bisa melihat pemakaian bandwidth client di bawah ini.
  1. Akses MikroTik dengan cara login di Winbox menggunakan akun full akses.
  2. Pilih menu Tool - Graphing.
  3. Pada bagian Interface Rules, pilih interface yang akan digunakan. Sebaiknya pilih saja all agar kita dapat melihat pemakaian bandwidth client di Mikrotik untuk semua interface di menu Graphing lalu klik Apply - OK.
  4. Sekarang, kita akan melihat grafik jaringan pemakaian bandwidth internet di MirkoTik dengan cara buka web browser kemudian ketikkan ip-address-mikrotik/graphs, contoh: 192.168.2.1/graphslalu pilih interface yang akan dilihat dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.


Demikian artikel tentangCara Monitoring Pemakaian Jaringan Bandwidth di MikroTik dengan MRTG Graphs. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: